Connect with us

Krisis Kesehatan Palestina Meningkat Akibat Sanksi

Akibat Sanksi, Krisis Meningkat di Sektor Medis Gaza

Palestina

Krisis Kesehatan Palestina Meningkat Akibat Sanksi

Socialnesia, Palestina – Lembaga Bantuan Hukum al Mizan mengingatkan sistem perawatan kesehatan di Gaza makin lemah, dan menuntut supaya sector kesehatan dihindarkan dari dampak perpecahan internal Palestina.

Dalam keterangannya, Selasa (2/10) ditegaskan pentingnya menanggulangi krisis pengurangan transfer anggaran medis dari kementerian kesehatan, dan menjamin ketersediaan obat dan kebutuhan medis, serta perangkat yang memudahkan pemantauan pasien.

Realitas di Gaza saat ini berbahaya bagi para pasien, akibat pengurangan jumlah rujukan ke luar Gaza, sehingga banyak yang meninggal sebelum mendapatkan surat rujukan berobat.

Baca Juga:  Ahed Tamimi Disambut Real Madrid Israel gusar

Otoritas Palestina mulai menerapkan sanksi kolektif terhadap Gaza pada April 2017, mencakup pengurangan gaji, obat-obatan dan perlengkapan medis, serta menghentikan anggaran operasional sejumlah kementerian.

Mengutip laporan dari kementerian kesehatan, jumlah transfer medis dari Gaza tahun 2017 mencapai 20,505 transfer medis, sekitar 21,6 jumlah transfer ke Tepi Barat dan Gaza, atau senilai 89,860,641 shekel Israel, 20,8% beban biaya pelayanan di luar kementerian kesehatan Palestina.

Baca Juga:  Israel Paksa Warga Al-Quds Hancurkan Rumahnya

Dampak dari krisis di sector kesehatan ini menyebabkan kesulitan mendapatkan air bersih dan layak, meningkatnya polusi udara, berkurangnya pasokan listrik, menurunnya daya beli dan perekonomian yang memicu pengangguran dan kemiskinan. (mq/pip)

Advertisement

Trending Topik

To Top